May 22, 2012

PT Pertamina Energy Trading Tak akan Dibubarkan

Selasa, 22 Mei 2012 | 12:44

JAKARTA- Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan pemerintah tidak akan membubarkan PT Pertamina Energy Trading (Petral) anak usaha PT Pertamina yang bermakas di Singapura, namun fungsinya saja akan diubah.

"Petral tidak akan dibubarkan. Tetapi Petral tidak lagi diberi tugas membeli bahan bakar minyak (BBM) untuk pemerintah, karena Pertamina akan membeli langsung BBM melalui produsen," kata Dahlan Iskan, usai mengikuti Rapat Pimpinan Kementerian BUMN, di Kantor PT Pann Multifinance (Persero), Jakarta, Selasa (22/5).

Dengan demikian, Pertamina akan membeli BBM langsung dari kilang, dan membeli minyak mentah dari pemilik sumur minyak. Sebelumnya merebak rumor bahwa pemerintah akan membubarkan Petral, karena disinyalir menjadi ladang korupsi di tubuh Pertamina dan sejumlah pejabat pemerintah.

"Tidak harus dibubarkan, tapi tugasnya saja yang dialihkan menjadi tidak melakukan lagi trading untuk Pertamina," katanya.

Namun agar Petral tetap hidup diutarakan Dahlan, perusahaan ini diperbolehkan melakukan jual beli minyak, misalnya dibeli dari Kuwait kemudian dijual ke Thailand, dibeli dari Bahrain lalu dijual ke Filipina.

"Jadi Petral tetap pedagang, tetapi pedagang yang profesional. Tidak ada urusannya lagi dengan Pertamina," tegas Dahlan.

Jadi yang selama ini dikhawatirkan ada kongkalikong di tubuh Petral dalam memasok minyak ke Pertamina tidak lagi terjadi.

"Kalau Pertamina sudah beli BBM langsung dari perusahaan kilang. Kan berarti tidak lewat Petral. Kalau Pertamina sudah beli "crude" katakanlah dari pemilik ladang minyak, itu kan berarti sudah tidak lewat Petral," ujarnya. (ant/hrb)

http://www.investor.co.id/home/pt-pertamina-energy-trading-tak-akan-dibubarkan/36597

No comments:

Post a Comment