May 3, 2012

DIVESTASI NEWMONT—SPA 7% saham diperpanjang hingga Agustus 2012

Oleh Ana Noviani
www.bisnis.com | Rabu, 02 Mei 2012 | 22:00 WIB

JAKARTA: Perjanjian pembelian ata SPA (sales and purchase agreement) 7% saham divestasi PT  Newmont Nusa Tenggara oleh pemerintah melalui Pusat Investasi Pemerintah diperpanjang dari 6 Mei menjadi Agustus 2012.

Kiagus Ahmad Badarudin, Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan, mengatakan perjanjian pembelian 7% saham divestasi PT Newmont Nusa Tenggara akan diperpanjang hingga Agustus 2012.

Pasalnya, perjanjian SPA  akan habis pada 6 Mei, namun transaksi pembelian terhambat keputusan Mahkamah Konstitusi terkait perkara kewenangan

"Sudah kita perpanjang, sampai Agustus 2012. Jadi diperpanjang 3 bulan," kata Ki Agus, hari ini.

Menurut Ki Agus, pemerintah menunggu dan menghormati keputusan yang masih diproses di MK. Kalau pemerintah melakukan penandatanganan transaksi pembelian 7% saham divestasi Newmont sebelum keputusan MK, kata Ki Agus, bukanlah langkah yang baik.

"Keputusan itu kan berada di tangan MK, namun kita perkirakan sidang terakhir itu tanggal 8 Mei ya. Jadi diperkirakan 2 bulan setelah itu bisa beres, tapi tergantung keputusan MK," ujarnya.

Pemerintah berharap putusan MK dapat memberikan penegasan tentang kewenangan pemerintah untuk membeli 7% saham divestasi PT  Newmont Nusa Tenggara melalui Pusat Investasi Pemerintah.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Hadiyanto mengatakan rencana pembelian 7% saham divestasi itu merupakan investasi jangka panjang nonpermanen yang tidak memerlukan persetujan DPR. (sut)

http://www.bisnis.com/articles/divestasi-newmont-spa-7-percent-saham-diperpanjang-hingga-agustus-2012

No comments:

Post a Comment